Senin, 11 Juli 2011

Pengertian Desain Grafis


Desain Grafis - Ada beberapa jenis desain,tapi disini saya lebih fokus pada desain grafis. beberapa pengertian desain grafis sebagai berikut.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yg menggunakan gambar utk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam pengertian desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yg bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yg dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yg digunakan (desain).Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. (wikipedia)

Dalam pengertian Desain grafis bisa dipisahkan menjadi 2 kata yaitu desain dan grafis.

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses utk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan utk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yg biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yg sudah ada sebelumnya.

Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yg diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.Dalam bahasa Indonesia, kata “grafis” sering dikaitkan dgn seni grafis (printmaking) dan desain grafis atau desain komunikasi visual.

Perancang grafis atau sering disebut dgn desainer Grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yg menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya utk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk.

Sumber: ahlidesain , Wikipedia

Info Terkait

Desain Grafis

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar