Selasa, 29 Juni 2010

Model Iklan Layanan Masyarakat

Flu burung adalah penyakit menular hewan yang disebabkan oleh virus influenza tipe A yang menyerang unggas. Kasus flu burung dalam perkembangannya, tidak hanya menyerang unggas tetapi juga menyerang manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang tertular virus flu burung. Kota Malang merupakan bagian wilayah Indonesia yang saat ini masih belum ada kasus flu burung baik pada unggas maupun pada manusia. Tetapi tidak menutup kemungkinan kasus ini terjadi di kota Malang.Untuk menghindari hal tersebut, maka penulis membuat sebuah perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang virus flu burung untuk masyarakat kota Malang. Dan target utama yang dipilih adalah anak-anak kota Malang dengan alasan sikap anak-anak yang kurang terlalu memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Flu burung terjadi juga karena faktor kurang menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat sebuah konsep dan bentuk media pasang iklan . Layanan Masyarakat tentang virus flu burung di kota Malang, yang mampu membuat anak –anak mengerti dan menyikapi tentang bahaya virus flu burung.

Perancangan ini diawali dengan mengidentifikasi latar belakang, rumusan masalah dan menetapkan tujuan perancangan, yang dilanjutkan dengan kegiatan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Data diidentifikasi dan dianalisis kemudian mulai menetapkan sintesis. Dari sintesis ini mulai menetapkan konsep perancangan yang terdiri dari perencanaan media dan perencanan kreatif yang diakhiri dengan proses desain untuk mencapai desain akhir. Kesimpulan penelitian ini adalah konsep perancangan menggunakan visual animasi 3D dengan materi yang disampaikan adalah mengajarkan anak-anak kota Malang untuk hidup bersih dan sehat. Hasil dari perancangan ini berupa media antara lain televisi sebagai media utama, surat kabar, poster, spanduk, x-banner, pin, kaos, stiker dan kalender sebagai media pendukung. Saran yang diberikan adalah untuk dapat membuat sebuah iklan layanan masyarakat dengan target utama yang dipilih adalah usia anak-anak dengan harapan pesan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah diterima, sehingga tujuan dari kampanyeiklan dapat tercapai.

Sumber : karya-ilmiah.um.ac.id

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar